-->

Jenis Musik untuk Ibu Hamil - walisehat

Oleh pada

Mengatur Emosi Ibu Hamil dengan Mendengarkan Musik


Hasil gambar untuk ibu hamil dengerin musik                                                                                   Ilustrasi (Foto: Momjunction)


walisehat.blogspot.com. Halo wali sehat, saya yakin wali sehat juga tau kalau Mendengarkan musik dapat memberikan ketenangan, apalagi musik yang kita dengerin sesuai dengan suasana hati, jadi makin ngerasa tenang 😆😍.... bener gak wali sehat ?

Tapi kali ini kita akan membahas cara ibu hamil mengatur emosinya dengan mendengarkan musik.

Pada ibu hamil, mendengarkan musik juga dapat memberi ketenangan,  meredam stres, dan juga dapat membantu merangsang perkembangan janinnya. 

oke, pertama kita bahas sekilas tentang musik dulu ya wali sehat

Musik adalah suara yang dihasilkan oleh manusia dengan memainkan alat-alat seperti kayu, bambu, senar dan lain-lain yang sudah didesain untuk menghasilkan suara yang nyaman untuk didengar.

Menurut Fathur Rasyid, musik memiliki beberapa definisi, diantaranya

  • Bunyi yg berkesan yg dapat ditangkap oleh indra pendengaran.
  • Karya seni dgn segenap unsur pokok dan pendukungnya.
  • Segala bunyi yg dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan orang dan disajikan sebagai hiburan.

Usia juga mempengaruhi kesukaan orang terhadap musik. Anak-anak cenderung suka musik yg sederhana, sementara orang dewasa menyukai suara musik yg beragam.

Dalam sejarahnya, musik terus mengalami perkembangan, sudah banyak aliran dan jenis musik diantara:

  • Musik klasik
  • Musik tradisional (musik rakyat)
  • Musik blues
  • Musik jazz
  • Musik rock
  • Musik pop
  • Musik religi
Semua jenis musik tersebut mengandung nilai positif bagi manusia. Tetapi, seorang ibu hamil harus pandai memilih musik yang tepat untuk didengarkan kepada janin dalam kandungannya.


Oke, yang kedua kita akan membahas fungsi musik dan jenis musik yg bisa didengar oleh ibu hamil.


Pengaruh Musik terhadap Emosi Ibu Hamil

Menurut Fathur Rsyid, banyak pemikir dan peneliti yg menemukan bahwa musik dapat menghilangkan stres, begitu juga bagi ibu hamil.

Jika ibu hamil dikuasi emosi-emosi negatif, maka salah satu cara untuk menghilangkannya adalah dengan mendengarkan musik yg disukainya.

Menurut Kahlil Gibran dalam bukunya Musik Dahaga Jiwa menjelaskan, musik adalah jemari halus yg mengetuk pintu kalbu untuk membangunkan kehangatan dari tidurnya yang lelap. Ketukan jemari itu membuat hamparan kenangan hadir kembali setelah hilang ditelan pekatnya malam.
Ketukan itu membuat kenangan masa silam terbuka kembali setelah diselubungi berbagai peristiwa yang selalu datang silih berganti. Ia juga mampu menghadirkan simpul senyuman yang keluar perlahan dari gerakan lembut sepasang bibir indah sebagai isyarata rasa senang bahagia. Alunan nada musik adalah nafas terakhir akalnya hati napasnya jiwa.

Dari keterangan singkat diatas, dapat kita simpulkan bahwa musik benar-benar mampu menghadirkan ketenangan emosi bagi penikmatnya. Emosi yang tadinya negatif bisa berubah menjadi positif.

Maka ibu hamil tidak salah bila sering mendengarkan musik untuk mengelola emosinya agar selalu tenang dan membangun mental yang baik untuk janin dalam kandungannya dengan memilih musik yang dengan nada, irama, dan tempo yang mengalun lembut dan beraturan seperti contoh musik klasik, tradisional dan religi.

Manfaat Musik bagi Anak dalam Kandungan

Salah satu manfaat musik bagi Ibu hamil ialah dapat membantu ibu hamil untuk menstimulus janinnya melalui musik, karena menstimulus janin melalui musik diyakin dapat meningkatkan kecerdasan bagi janin.

Grace Sudargo, seorang musisi dan pendidik memberikan alasan mengapa musik klasik bermanfaat bagi janin, karena dasar musik klasik secara umum berasal dari ritme denyut nadi kehidupan manusia yang lembut hingga berperan dalam perkembangan otak, jiwa, karakter dan raga manusia.


Jadi itu sekilas tentang cara ibu hamil mengatur emosinya melalui musik, dan yg perlu wali sehat ketahui juga adalah tidak hanya musik klasik yg dapat memberikan ketenangan bagi ibu hamil, karena semua musik yang bernada, berirama dan bertempo tenang, lembut dan teratur dapat memberikan efek positif bagi ibu hamil dan janin dalam kandungannya.


Bagikan artikel ini ke

Facebook Google+ Twitter

Tulisan Terkait

No comments:

Post a Comment