-->

Makanan Bergizi Ibu Menyusui dan Pantangannya - walisehat

Oleh pada

Gizi yang dianjurkan pada Ibu Menyusi dan yang tidak dianjurkan

Hasil gambar untuk gizi pada ibu menyusui


halo wali sehat, kali ini kita akan membahas sedikit tentang gizi yang dianjurkan
untuk ibu yang menyusui dan yang tidak dianjurkan.


Ibu yang menyusui sering sekali bingung untuk memilih makanan yang cocok untuk dikonsumsi agar baik untuk memenuhi nutrisinya dan sang buah hati.

Memilih makanan yang bergizi bagi ibu yang menyusui tidak harus mahal, yang terpenting sesuai dengan kebutuhan nutrisi
nya

Nutrisi yang tepat sangat bermanfaat untuk ibu  menyusui karena selain untuk tenaga bagi dirinya nutrisi juga otomatis bisa menunjang perkembangan bayi sehat.


Gizi Yang Dianjurkan Untuk Ibu Menyusui


·         Kacang-kacangan

           Hasil gambar untuk kacang untuk ibu menyusui

kacang-kacangan yang juga mengandung vitamin B, E, C, folat, kalium, kalsium, magnesium dan fosfor. Tingkat cukup kalsium diperlukan untuk membangun tulang yang sehat dan gigi. Misalnya kacang hijau yang dapat di oloh menjadi bubur atau di buat dalam bentuk jus.

·    Buah-buahan

 Hasil gambar untuk buah buahan

Kandungan vitamin A, B, K, dan C dalam buah baik untuk membangun sistem kekebalan tubuh Anda dan bayi.

·     Sayur – sayuran

       Hasil gambar untuk sayur sayuran

Sayuran merupakan sumber utama makanan yang kaya zat besi, serat, asam folate, beta karoten, vitamin C, lycopene, flavonoids dan beta glucans. Makan-makanan kaya zat besi membantu memelihara tingkat energi Anda sekaligus mampu mencegah anemia. Folate atau asam folat sangat penting dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu, terdapat juga  pare yang baik untuk penumbuhan gigi pada bayi karena mengandung kalsium.

·     Ikan Bebas Merkuri

       Hasil gambar untuk ikan

semua jenis ikan baik untuk di konsumsi karena mengandung omega 3. Namun, hindari ikan hiu, ikan todak, makarel raja, atau ikan ubin karena tingkat kandungan merkurinya sangat tinggi.

  

Pantangan Untuk Ibu Menyusui

·      Kopi dan Teh

Hasil gambar untuk kopi dan teh

kafein pada ibu menyusui tidak akan terbuang secara sempurna, melainkan sebagiannya akan tersisa pada ASI yang dihasilkan.

Pada akhirnya, ASI yang dihasilkan akan mengandung kafein dan tertelan oleh bayi. Akibatnya bayi dapat menjadi rewel dan sulit tidur, dikarenakan mereka belum dapat mengeluarkan kafein dari dalam tubuh sebaik orang dewasa.

·     Makanan Yang Pedas

     Hasil gambar untuk makanan pedas

kandungan rasa pedas yang ada di dalam makanan tersebut, sedikit banyak akan terkonsumsi oleh bayi melalui ASI, dan akan membuat perut anak menjadi panas (iritasi) dan bahkan dapat mengakibatkan diare.

·    Overdosis Vitamin C

     Hasil gambar untuk overdosis vitamin c

Vitamin C yang terbawa terlalu banyak di dalam ASI pada akhirnya akan dapat membuat perut bayi menjadi perih dan juga membuat sistem pencernaan bayi terkena iritasi. Konsumsi vitamin C normal sekitar 60 mg / hari, sesuai kebutuhan harian.

·    Lemak Jenuh & Lemak Trans

Hasil gambar untuk lemak jenuh  

Makanan yang mengandung lemak jenuh  dan lemak trans akan dapat berbahaya bagi perkembangan otak bayi. Hindari makanan gorengan yang memakai minyak bekas karena mengandung lemak jenuh yang tinggi.


Alcohol dan nikotin

      Hasil gambar untuk alkohol dan nikotin

Ibu menyusui yang mengkonsumsi alkohol dan nikotin  berisiko menyalurkan zat alkohol  tersebut kepada bayi melalui proses menyusui.


jadi itu sedikit dari sekian banyak makanan minuman yang dianjurkan dan tidak bagi ibu menyusui, 

Setelah ibu mengetahui apa saja makanan yang dianjurkan dan tidak, ibu menyusui bisa merasa lebih nyaman dan aman dalam menyusui.

SEMOGA BERMANFAT

Bagikan artikel ini ke

Facebook Google+ Twitter

Tulisan Terkait

No comments:

Post a Comment