-->

Tanda seorang berpotensi terkena penyakit jantung - walisehat

Oleh pada

Hasil gambar untuk serangan jantung

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu di Dunia, sayangnya banyak orang belum mengetahui gejala serangan jantung, makanya Myocardial infarctions atau serangan jantung sering dianggap sebagai silent killer.

Serangan jantung memang bersifat mendadak, seseorang bisa mengalami serangan jantung kapan dan dimana saja. 
Namun, seseorang dapat menghindari serangan jantung apabila lebih cepat mendeteksinya.

Untuk menghindari serangan jantung secara mendadak, penting untuk kita mengetahui dan mendeteksi lebih awal tanda serangan jantung,

Berikut tanda tanda serangan jantung bahkan sebulan sebelumnya.

1. Kelelahan

Hasil gambar untuk kelelahan

Rasa lelah juga bisa jadi karena kurang berolahraga, tapi apabila rasa lelah datang secara tiba tiba maka anda harus waspada. 

Rasa lelah yang biasa datang tiba tiba merupakan ciri ciri serangan jantung karena jantung bekerja lebih keras untuk memompa aliran darah melewati pembuluh darah yang tersumbat. 

Apabila kondisi ini dibiarkan maka anda akan lebih sering merasa kelelahan bahkan pingsan.


2. Tekanan atau Nyeri di Dada

Hasil gambar untuk nyeri dada

Tanda yang paling umum terjadi adalah merasakan tekanan di dada, hal ini biasanya terjadi atau dirasakan ketika anda terlalu banyak melakukan aktivitas.

Rasa nyeri ini terjadi karena area otot jantung tidak mendapatkan oksigen yang cukup, Nyeri ini biasanya bertahan hingga 15 menit.

Selain di dada, rasa nyeri  juga bisa menjalar ke bahu, lengan, leher, rahang, dan punggung. 


3. Sesak Napas

Hasil gambar untuk sesak nafas

Apabila anda tidak memiliki riwayat asma atau gangguan pernapasan lainnya, maka Sesak napas adalah gejala yang perlu diperhatikan, biasanya orang mengalami napas pendek akibat paru paru yang tidak menerima pasokan darah yang cukup karena pembuluh darah yang tersumbat.

Jantung yang tidak berfungsi dengan normal akan berdampak pada pernapasan, sehingga membuat anda mengalami sesak napas. Sesak napas  biasnya terjadi bersamaan dengan nyeri dada.


4.  Keringat Dingin

Hasil gambar untuk keringat dingin

Orang yang mengidap serangan jantung biasanya mengalami keringat dingin karena ketika pembuluh darah menyempit, otot-otot jantung akan kekurangan oksigen sehingga menyebabkan keringat dingin. Pada umumnya kondisi ini terjadi disertai dengan nyeri dada.  

Apabila kondisi ini dibiarkan berlarut maka kerusakan jantung akan semakin parah, maka sebaiknya anda segera berkonsultasi dan melakukan pemeriksaan dengan dokter.


5. Gangguan Pencernaan 

Hasil gambar untuk gangguan pencernaan

Gejala gangguan pencernaan umumnya dialami oleh wanita, berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa wanita memiliki kemungkinan dua kali lebih besar mengalami mual, muntah selama beberapa bulan menjelang serangan jantung. 

Namun banyak orang yang keliru karena menyangka gejala ini merupakan penyakit maag. 

Jika anda mengalami kondisi seperti diatas sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter.


6. Pilek dan flu

Hasil gambar untuk pilek flu

Apabila anda mengalami pilek dan flu di sertai dengan tanda yang lain seperti di atas, maka kondisi ini harus diperhatikan. 

Penderita serangan jantung  biasanya mengalami gejala pilek dan flu sebulan sebelum terkena serangan jantung. 

Tanda ini (pilek dan flu) tidak boleh diabaikan karena bisa saja pilek dan flu yang anda alami merupakan gejala awal terkena serangan jantung.


7. Pusing

Hasil gambar untuk pusing

Sering merasa pusing juga salah satu gejala penyakit jantung, kondisi ini terjadi karena jantung tidak dapat memompa cukup darah ke otak sehingga otak akan kekurangan oksigen. 

Biasanya orang yang terkena serangan jantung akan merasa goyah saaat berdiri atau saaat melakukan aktivitas.


8. Otot Lemas

Hasil gambar untuk otot lemas penyakit jantung

Ketika pembuluh dara menyempit maka sirkulasi darah jadi tidak lancar sehingga otot tidak bekerja dengan maksimal dan menjadi lemas

Hal ini perlu diwaspadai karena menandakan adanya serangan jantung yang dialami.



PERTOLONGAN PERTAMA YANG BISA ANDA LAKUKAN ADALAH, SEGERA DATANG KE PELAYANAN MEDIS SAMBIL MINTA PENDERITA UNTUK BERISTIRAHAT. JANGAN BIARKAN MELAKUKAN KEGIATAN YANG MEMBEBANI KERJA JANTUNG.




Bagikan artikel ini ke

Facebook Google+ Twitter

Tulisan Terkait

No comments:

Post a Comment