-->

Peran ayah penting untuk perkembangan anak - walisehat

Oleh pada

PERAN AYAH UNTUK PERKEMBANGAN ANAK

Hasil gambar untuk peran ayah dalam mendidik anak perempuan
Foto: Facesoman

Halo wali sehat, kali ini kita akan membahas tentang peran seorang ayah dalam tumbuh kembang anak,

Dalam perkembangan seorang anak, tidak hanya peran ibu tetapi juga peran seorang ayah sangat mempengaruhi dalam perkembangan anak, Peran ayah sangat vital termasuk dalam urusan mendidik anak.

Anak sangat membutuhkan seorang ayah, sosok ayah dapat memberikan sesuatu yang beda dari ibunya.


Anak laki-laki menjadikan ayahnya sebagai panutan agar mereka bisa berperilaku sebagai seorang laki-laki. Sementara anak perempuan melihat ayahnya sebagai contoh untuk bersosialisasi dengan dunia pria.

Beberapa peran ayah dalam perkembangan anak

1. Sebagai pelindung

Ayah berperan untuk memberikan  rasa aman dan nyaman bagi anak. Perasaan ini sangat penting bagi tumbuh kembangn anak dalam pembentukan karakter.

2. Teman bermain

Psikolog Ross Parke menemukan fakta bahwa ayah lebih sering melakukan permainan fisik yang ditandai dengan semangat dan kegembiraan.

Menurut U.S Children’s Bureau, dengan interaksi ini, anak belajar mengatur perasaan dan tingkah laku mereka. Seperti bermain dengan ayah mengajarkan anak untuk menghadapi kontak fisik tanpa kehilangan kendali atas emosi mereka.


3. Mendisiplinkan

Dalam buku Partnership Parenting, Drs. Kyle Pruett dan Marsha Kline Pruett menyatakan Ayah cenderung menerapkan disiplin lebih tegas dibanding ibu. Meskipun kadang itu meninggalkan kesan bahwa ayah lebih berkuasa.

4. Anak lebih cerdas

Penelitian membuktikan bahwa, seorang ayah, dalam tumbuh kembang anak sangat penting. Seorang anak yang ayahnya terlibat langsung dalam pengasuhan memiliki kompetensi kognitif (fungsi otak) dan lebih berhasil dalam akademiknya dan juga anak akan lebih menikmati sekolah serta aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler.

5. Menumbuhkan rasa ingin tahu 

Seorang ayah dapat mempengaruhi rasa ingin tahu anak terus berkembang. Sehingga anak akan trus mengeksplorasi lingkungan sekitar dan mengenal apa yang belum diketahuinya.

6. Mendorong kepercayaan diri anak 

Ayah mempunya peran meningkatkan kepercayaan diri anak, anak akan tumbuh dan memiliki rasa percaya diri yang baik melalui bimbingan dan kasih sayang yang diberikan.


7. Sebagai contoh untuk anak

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, seorang ayah yang menunjukkan rasa hormat kepada istrinya dapat dicontoh oleh anaknya untuk berprilaku lebih sopan dan menghargai perempuan. Sedangkan anak perempuan cenderung menjalin hubungan yang sehat dengan lelaki.




Bagikan artikel ini ke

Facebook Google+ Twitter

Tulisan Terkait

No comments:

Post a Comment